Iklan Tengah Artikel 1

Pentingnya menjaga Lisan

Gambar oleh Alexandru Petre dari Pixabay 

Lisan adalah bagian anggota tubuh yang paling dominan, paling berharga terhadap diri sendiri dan orang lain. Banyak oran yang nantinya masuk neraka hanya karena akibat ucapannya sendiri. Oleh karena itu kendalikanlah lisan sekuat-kuatmu, sehingga kamu selamat, tidak tercampak di neraka jahannam.

Dalam sebuah hadis disebutkan:
Sesungguhnya seseorang itu kadang-kadang berkata dengan suatu perkataan, agar orang lain tertawa. Dia tidak menyadari bahwa ucapan yang demikian itu menyebabkan masuk neraka selama tujuh puluh tahun.
Oleh karena itu berusahalah semaksimal mungkin menjaga lisan agar selamat dari siksaan neraka, dengan cara banyak berdiam sebagaimana anjuran Rasulullah SAW.
Barang siapa ingin selamat, maka hendaklah dia selalu diam tidak banyak bicara.
Tersebut suatu peristiwa pada zaman Rasulullah SAW, yaitu ada seseorang prajurit islam gugur di medan perang sebagai syahid. Lalu ada salah seorang berkata, betapa senang orang ini karena mendapatkan surga. mendengar ucapan tersebut, rasulullah SAW bersabda:"Belum tentu, karena mungkin orang ini bisa berkata dengan ucapan-ucapan yang tidak berguna atau kikir dan tidak mau memberikan sesuatu yang sebenarnya tidak berharga bagi dirinya"

Oleh karena itu, jagalah lisanmu dari delapan perkara, yaitu:
1. Bohong/Dusta
2. Mengingkari janji
3. Membahas kejelekan orang lain
4. Bertengkar, berdebat atau membantah ucapan orang lain
5. Menganggap baik diri sendiri
6. Melaknat
7. Mendoakan jelek tehadap makhluk
8. Bergurau dan mengejek orang

Sumber (Bidayah Al-hidayah, Abu Hamid Al-Ghozali)

0 Response to "Pentingnya menjaga Lisan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel