Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep bubur candil ubi kuning yang manis dan menggugah selera

Makan makanan manis memang terasa enak untuk dinikmati, salah satu rasa manis itu ada pada bubur candil. Candil/biji salak merupakan makanan yang terbuat dari tepung ketan kemudian disajikan bersama kuah gula merah dan santan. Makanan yang satu ini cukup populer dikalangan masyarakat karena candil sering dijadikan sebagai menu pembuka disaat puasa.
Walaupun bukan bulan puasa kalian masih bisa loh menikmati bubur candil, kalian bisa membuatnya dirumah dengan resep yang mudah didapat. Makanan dibawah ini adalah salah satu jenis bubur candil yang terbuat dari ubi kuning yang dikukus kemudian ditumbuk halus dan dicampur bersama tepung tapioka kemudian dibentuk sedemikian rupa. Ubi kuning identik dengan rasa yang manis dan juga warna yang menarik yaitu berwarna krem kemerahan pada saat masih mentah dan berubah menjadi warna kuning ketika sudah dimasak.
Untuk membuat bubur candil ada beberapa bahan yang perlu dibutuhkan yaitu ubi kuning, gula merah, gula pasir, tepung tapioka, daun pandan dan santan kental, dari pada penasaran yuk langsung baca saja resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Ubi kuning 500 gram
Daun pandan 2 lembar
Santan kental 500 ml
Tepung tapioka 4 sdm
Gula merah 2 buah (disisir)
Gula pasir 2 sdm
Garam
Air

Cara membuat:
1. Siapkan semua bahan. Kupas ubi kuning kemudian cuci bersih setelah itu kukus agar ubi mudah untuk ditumbuk. Setelah itu tiriskan sebentar dan haluskan.
2. Tambahkan tepung tapioka sebanyak 4 sdm pada ubi yang sudah ditumbuk, aduk rata sampai adonan menjadi kalis. Ambil adonan, buat menjadi bulat-bulat kemudian agak dipipihkan sedikit.
3. Rebus air sampai mendidih, masukkan adonan candil yang sudah dibuat. Angkat candil jika sudah mengapung berarti candil sudah matang dan tiriskan.
4. Rebus kembali air sampai mendidih, masukkan sisiran gula merah juga gula pasir aduk sampai rata. Tambahkan 1 sdm tepung tapioka yang sudah dilarutkan dengan sedikit air aduk rata setelah itu masukkan daun pandan, masukkan candil dalam kuah gula.
5. Panaskan panci kemudian masukkan santan masak sampai mendidih sambil diaduk agar santan tidak pecah dan tambahkan sedikit garam.
6. Masukkan candil dalam mangkuk, kemudian siramkan kuah santan dalam mangkuk, bubur candil siap dihidangkan.
Demikian resep bubur candil ubi kuning yang bisa kalian buat dirumah, semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya.

Post a Comment for "Resep bubur candil ubi kuning yang manis dan menggugah selera"