Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep sambal teri yang praktis dan mudah

Ada banyak makanan yang dapat diolah menjadi masakan yang enak, mulai dari jenis sayur sampai lauk pauk. Salah satu menu makanan yang sedap untuk disajikan adalah sambal teri. Ikan teri adalah salah satu makanan yang berasal dari air laut yang banyak ditemukan dikawasan pinggir pantai Samudera Atlantik, Hindia, dan Pasifik. Ada banyak cara yang dilakukan untuk mengolah ikan teri selain dimasak langsung, yaitu di proses dengan menggunakan garam agar lebih dapat disimpan dalam jangka yang panjang dan dapat diperdagangkan di daerah-daerah yang jauh dari pantai.

Sajian ikan teri memang cocok dinikmati untuk jadi tambahan menu dimeja makan, rasanya enak dan gurih. Salah satu olahan dari ikan tering kering adalah sambal teri. Sajian menu sederhana dibawah ini cukup praktis dan mudah untuk dibuat, perpaduan antara bumbu sambal dan teri memberikan citarasa yang lezat. Mari baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:

Ikan teri kering 250 gram
Minyak goreng

Bumbu sambal:
Cabai merah besar 5 buah
Cabai hijau besar 5 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 2 siung
Garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng teri sampai rapuh dan matang Angkat dan tiriskan.
2. Panaskan kembali minyak, goreng bumbu-bumbu sambal (cabai, bawang merah, bawang putih) sampai layu angkat dan tiriskan.
3. Ulek kasar bumbu sambal, tambahkan garam dan gula (koreksi rasa)
4. Masukkan ikan teri yang sudah digoreng campur bersama bumbu dan sedikit digerus, aduk agar bumbu juga teri merata, hidangkan.

Demikian resep sambal teri yang mudah dan praktis bisa kalian coba di rumah, semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)