Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep sambal tomat super pedas gurih

Nusantara memang memiliki banyak sekali sajian yang rasanya khas dan enak. Salah satunya adalah sambal. Masakan yang satu ini biasanya dijadikan sajian pelengkap untuk menambah citarasa pada makanan.
Beberapa jenis sambal yang populer dimasyarakat adalah sambal kecap, sambal matah, sambal terasi, sambal bawang, sambal tomat dan lain sebagainya. Masing-masing sambal memiliki keunikan rasa. Sajian sambal dibawah ini adalah sambal tomat dengan rasa yang cukup pedas, kompisisinya antara lain cabai rawit, cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Bahan-bahan tersebut digoreng kemudian di ulek kasar (sesuai selera, bisa juga diulek sampai halus) kemudian ditambahkan garam. Bagi pecinta sambal pedas kalian sangat cocok nih untuk mencoba jenis sambal yang satu ini.
Yuk baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Cabai rawit 10 buah
Cabai merah keriting 5 buah
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 1 siung
Kemiri 1 butir
Tomat ukuran sedang 2 buah
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (jika ingin menambahkan)
Minyak goreng
Cara membuat:
1. Siapkan bahan-bahan (Cabai, bawang merah, bawang putih, dan kemiri) dan cuci bersih, setelah itu goreng sampai matang lalu angkat dan tiriskan.
2. Ulek semua bahan yang sudah digoreng, kemudian tambahkan garam, juga gula pasir secukupnya.
3. Kemudian panaskan minyak goreng dan tuangkan dalam sambal yang sudah diulek supaya rasa yang dihasilkan lebih sedap.
sambal yang satu ini sangat cocok jika dipadukan dengan lalapan dan tambahan lauk. Resep sambal sederhana ini bisa kalian coba dirumah dengan mudah ya teman-teman, semoga terinspirasi dan selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep sambal tomat super pedas gurih"