Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat urap sayur dengan bumbu kelapa parut yang disangrai


yenihelda.com--Membuat sajian dari sayur-sayuran tak melulu hanya bisa dibuat menjadi sayur bening atau tumisan saja. Salah satu cara mengolah sayuran hijau menjadi urap membuat sayuran hijau menjadi kaya rasa. Urap merupakan makanan Indonesia yang mudah dijumpai, makanan ini terbuat dari sayuran yang direbus atau dikukus kemudian dicampur dengan parutan kelapa yang telah diberi bumbu. Sayuran yang dapat digunakan untuk membuat urap yaitu bayam, kangkung, kacang pajang, tauge, dan kubis.

Sajian urap dibawah ini adalah urap sederhana yang terdiri dari 3 macam sayuran antara lain bayam, tauge, dan kacang panjang. Urap pada sajian ini diberi kelapa parut yang diberi bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, garam, gula, kaldu bubuk dan kencur kemudian kelapa disangrai sebentar agar lebih harum dan lezat. Urap memang paling enak dihidangkan bersama nasi hangat, dijamin nih kalian bisa menghabiskan nasi dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu urap juga sangat cocok nih buat kalian yang vegetarian. Penasaran bagaimana membuat urap yang enak dan lezat? Langsung saja baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Bayam 1 ikat, siangi
Tauge, 200 gram
Kacang panjang 1 ikat, potong ukuran sedang
Kelapa yang masih agak muda 1 butir (diparut)

Bumbu halus:
Cabai merah 4 buah
Cabai rawit 3 buah
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 4 siung
Kencur 1 cm (sesuai selera)
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Kaldu bubuk secukupnya

Cara membuat:
1. Rebus bahan (bayam, tauge, dan kacang panjang) sampai layu, lalu angkat dan tiriskan.
2. Ulek halus bumbu-bumbu.
3. Campurkan bumbu dengan kelapa parut aduk sampai merata.
4. Panaskan panci lalu sangrai kelapa parut sampai agak mengering (sangarai dengan api kecil sambil diaduk agar tidak gosong).
5. Siapkan sayuran yang sudah direbus lalu campurkan dengan kelapa bumbu yang sudah disangrai.
6. Urap sayur siap dihidangkan.

Demikian resep urap sayur yang bisa kalian coba di rumah, tentu sangat mudah karena bahan dan bumbu tidak sulit didapat. Semoga trinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Cara membuat urap sayur dengan bumbu kelapa parut yang disangrai"