Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau mengolah ikan yang enak? ikan tongkol kuah kuning cocok nih jadi menu santapan lezat


yenihelda.com--Ingin memasak ikan tanpa ribet tapi rasanya enak? ikan tak hanya bisa digoreng atau dipepes saja, salah satunya memasak ikan tongkol dengan kuah kuning yang lezat dan menyegarkan ini bisa jadi pilihan kalian, selain itu makanan yang satu ini bisa membuat selera makan meningkat.

Ikan tongkol memiliki tekstur daging yang tebal sehingga sangat cocok dimasak dengan kuah kuning. Perpaduan antara bumbu rempah membuat sajian ini banyak digemari banyak orang, dijamin keluarga dirumah juga pasti suka dengan masakan yang satu ini.

Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat ikan tongkol kuah kuning juga mudah ditemui yaitu cabai merah, cabai rawit, kemiri, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, lengkuas, serai, tomat, daun salam, dan garam. Langsung saja baca resep dan cara membuat tongkol kuah kuning dibawah ini ya.

Bahan:
Ikan tongkol 1 ekor (ukuran 1 kilo)
Jeruk nipis 1 buah (ambil airnya)
Daun salam 4 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Serai 2 batang, memarkan
Tomat 1 buah, iris
Cabai rawit utuh 10 buah
Minyak goreng 3 sdm
Gula pasir 1 sdt
Garam secukupnya
Air secukupnya

Bumbu halus:
Cabai merah besar 3 buah
Cabai rawit hijau 3 buah
Kemiri 2 butir
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 3 siung

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan tongkol, potong menjadi beberapa bagian beri sedikit garam juga perasan jeruk nipis dan diamkan selama 10 menit.
2. Ulek bumbu halus. Panaskan minyak goreng lalu tumis bumbu sampai harum. Tambahkan daun salam, serai, lengkuas, gula, dan garam.
3. Masukkan ikan tongkol yang sudah dipotong, kemudian tambahkan air secukupnya sampai ikan terendam masak sampai mendidih dan matang.
4. Setelah mendidih dan ikan hampir matang tambahkan juga cabai rawit utuh dan tomat yang sudah diiris, aduk rata.
5. Hidangkan.

Menu sederhana ini kuahnya menyegarkan loh dan paling cocok kalau dijadikan menu makan siang. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Mau mengolah ikan yang enak? ikan tongkol kuah kuning cocok nih jadi menu santapan lezat"