Cara membuat resep mie kuah santan pedas

Mi (atau juga sering ditulis mie) adalah adonan tipis dan panjang yang telah digulung, dikeringkan, dan dimasak dalam air mendidih. Istilah ini juga merujuk kepada mi kering yang harus dimasak kembali dengan dicelupkan dalam air. Orang Italia, Tionghoa, dan Arab telah mengklaim bangsa mereka sebagai pencipta mi, walaupun tulisan tertua mengenai mi berasal dari Dinasti Han Timur, antara tahun 25 dan 220 Masehi. Pada Oktober 2005, mi tertua yang diperkirakan berusia 4.000 tahun ditemukan di Qinghai, Tiongkok (Wikipedia)
Mie merupakan makan berbahan dasar dari tepung, yang memiliki tekstur kenyal. Mie biasanya disajikan dalam bentuk goreng atau berkuah. Sajian menu dibawah ini adalah salah satu sajian mie berkuah santan pedas yang dimasak bersama dengan rempah-rempah sehingga memilik rasa yang sedap dan gurih. Menu dibawah ini terbuat dari mie kering/mie telur karena mie jenis ini memiliki tekstur mie yang kenyal dan bisa dikreasikan menjadi mie dengan varian rasa yang sesuai selera.
Untuk memasak semangkuk mie kuah santan dibutuhkan beberapa bahan dan bumbu-bumbu, untuk itu mari simak resep untuk mengetahui bahan dan cara membuatnya dibawah ini ya

Bahan:
Mie telur/mie kering 3 buah (direbus)
Telur 1 butir (diorak arik)
Sawi 1 batang (potong kecil, kemudian direbus layu)
Daun bawang 2 batang (iris kecil-kecil)
Kol 1 lembar, potong-potong
Daun jeruk 2 lembar
Daun salam 3 lembar
Santan kental 300 ml
Lengkuas 1 cm

Bumbu:
Cabe merah keriting 10 buah
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 3 siung
Merica 1/2 sdt
Ketumbar 1/2 sdm
Kemiri 2 buah
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan panci untuk menumis bumbu sebanyak 5 sdm kemudian tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum
2. Masukkan santan dan aduk rata bersama bumbu tersebut, tambahkan daun jeruk, daunn salah, lengkuas, garam, gula pasir, dan penyedap rasa dan tunggu sampai santan mendidih (masak dengan api sedang)
3. Jika sudah mendidih masukkan sayuran kol, sawi, kemudian mie yang sudah direbus terlebih dahulu aduk sebentar, kemudian matikan kompor
4. Angkat, dan sajikan

Menu sederhana ini bisa kalian coba dirumah menggunakan bahan-bahan sederhana, dan sayuran sesuai selera. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba :)


Post a Comment for "Cara membuat resep mie kuah santan pedas"