Resep sayur asem sederhana

Indonesia memiliki banyak jenis masakan yang khas, salah satunya adalah sayur
asem. Sayur asem memiliki rasa yang cenderung asam segar dan terdiri dari beberapa jenis sayuran antara lain kacang tanah, melinjo, daun melinjo, jagung, kacang panjang, nangka muda atau labu siam. Sayur asam biasanya ditambahkan beberapa bumbu-bumbu yaitu seperti asam jawa, bawang merah, cabai merah/hijau, daun salam, dan gula merah.
Sajian dibawah ini adalah salah satu jenis sayur asem yang terbilang sederhana, sayur asem sangat cocok dinikmati disiang hari karena terasa segar yang dihasilkan dari rasa asam jawa (asam kandis). Untuk membuat semangkuk sayur asem kalian hanya memerlukan beberapa langkah saja untuk menikmatinya langsung simak saja resep dibawah ini ya.

Bahan:
Sayur asem yang sudah bungkusan (opsional, terdiri dari jagung manis, melinjo muda, daun melinjo, labu siam, kol, dan kacang tanah. Cuci bersih sayuran dan potong-potong sesuai selera)
Lengkuas 2 cm, memarkan
Daun salam 4 lembar
Asam kandis 2 buah
Air 250 ml

Bumbu halus:
Cabai merah 3 buah
Bawang merah 3 siung
Kemiri 1 butir
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1. Panaskan air sampai mendidih, kemudian masukkan bumbu yang sudah dihaluskan dan masukkan melinjo muda, kacang tanah dan jagung sampai setengah matang
2. Tambahkan garam, gula pasir, dan asam kandis kemudian masukkan daun melinjo, labu siam masak selama 5 setelah matang terakhir masukkan kol aduk sebentar dan matikan kompor
3. Angkat dan hidangkan

Resep sedrahan ini bisa kalian aplikasikan di rumah, dan sangat cocok untuk sayur makan siang. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep sayur asem sederhana"