Resep sayur okra/bendi


Bendi (Abelmoschus esculentus Moench, (bahasa Inggris: lady's fingers, okra, atau gumbo) adalah sejenis tumbuhan berbunga dalam suku Malvaceae yang berasal dari kawasan di sekitar Ethiopia kini. Dulunya tumbuhan ini termasuk dalam genus Hibiscus, tetapi kini diubah menjadi termasuk genus Abelmoschus. Ia banyak ditemui di kawasan tropis.
Ukurannya sebesar cabai hijau besar, kelilingnya berlekuk, berbulu halus dan berwarna hijau. Jika dipotong akan terlihat biji-biji kecil dikelilingnya. Jika dimasak akan keluar lendir dari dalamnya. Rasanya renyah dengan tektur mirip terung. Sayuran ini bisa diolah menjadi kari, balado, campuran salad atau hidangan tumis (wikipedia)

Selain memiliki rasa yang enak jenis sayuran ini juga memiliki kaya manfaat, dari beberapa artikel yang aku peroleh okra bermanfaat untuk kesehatan mansuia antara lain menjaga kesehatan mata dan tulang karena okra mengandung karoten dan folat. Pada beberapa daerah Bendi/Okra memiliki penamaan berbeda, di daerah pedesaan tempat tinggal kami khususnya Provinsi Lampung Kecamatan Kalianda sayuran ini disebut dengan nama "Mamia/Memia". Sajian dibawah ini Okra/Bendi disajikan dalam bentuk sayur bening, untuk kalian yang tidak suka ribet sayuran ini sangat cocok dicoba dirumah selain rasanya yang enak juga cara memasaknya yang mudah, mari simak resep dibawah ini

Bahan:
Okra 4 buah (Ukuran sedang)
Air 250 ml

Bumbu:
Cabai merah 2 buah, iris
Bawang merah 3 siung, iris tipis
Bawang putih 1 siung, iris tipis
Garam secukupnya
Penyedap rasa (opsional)

Cara membuat:
1. Cuci bersih okra, kemudian iris serong (ukuran sedang)
2. Panaskan panci yang berisi air sampai mendidih. Setelah itu masukkan okra yang telah diiris dan tambahkan garam, penyedap rasa, serta cabai, bawang merah, bawang putih (Masak kira-kira selama 2 menit)
3. Angkat dan hidangkan

Itu tadi resep sederhana sayur okra yang bisa kalian coba dirumah dengan sangat mudah. Sayuran sangat dibutuhkan untuk tubuh, ayo mengonsumsi sayuran untuk memenuhi kebutuhan serat kalian. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba :)

Post a Comment for "Resep sayur okra/bendi "