Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Sayur labu air dengan kuah santan yang enak dan gurih

Santan merupakan cairan dari kelapa tua yang diparut/serut kemudian diberi air sehingga menghasilkan cairan berwarna putih. Terkandung rasa lemak yang dapat digunakan penyedap rasa pada masakan dan membuat rasa masakan menjadi lebih gurih.

Labu air merupakan jenis labu yang dapat dijadikan bahan makanan, buah labu air muda dapat dijadikan varian sayur yang enak. Karena bentuk buahnya bervariasi yaitu membulat hingga lonjong memanjang, buah labu air yang tua dapat dijadikan sebagai wadah air, tabung, kantung hias ataupun koteka.

Menu masakan dibawah ini adalah salah satu sajian berbahan dasar dari labu air muda yang diberi kuah santan dengan campuran bumbu rempah. Membuatnya pun sederhana saja, hanya membutuhkan bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, Kunyit, jahe, lengkuas, merica, ketumbar, daun salam, dan garam. Kalian tertarik untuk mencoba sayur ini? yuk baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Labu air 1 buah
Santan kental 500 ml

Bumbu:
Cabai merah 10 buah
Cabai rawit 5 buah
Bawang merah 8 siung
Bawang putih 3 siung
Ketumbar 1 sdm
Merica 1/2 sdt
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Gula pasir secukupnya
Daun salam 5 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan
Cara membuat:
1. Potong buah labu air yang masih muda, potong sesuai selera kemudian cuci bersih. Siapkan bumbu dan haluskan kecuali daun salam dan lengkuas.
2. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu sampai harum kemudian tambahkan daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan. Tambahkan santan kental aduk dan masak dengan api sedang agar santan tidak pecah.
3. Masukkan labu air yang sudah dipotong-potong kemudian tambahkan garam, gula pasir, dan penyedap rasa lalu masak sampai labu air empuk (koreksi rasa)
4. Jika sudah empuk, angkat sayur labu air dan siap dihidangkan.

Masakan ini bisa menjadi menu sajian enak dirumah kalian, sayur labu air dengan kuah santan gurih dan pedas sangat cocok dinikmati bersama sambal juga kerupuk. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Sayur labu air dengan kuah santan yang enak dan gurih"