Singkong tumbuk tepung roti yang kaya citarasa dan bikin nagih

Singkong/ketela pohon/ubi kayu adalah makanan yang mengandung karbohidrat sedangkan daunnya dapat dijadikan sebagai bahan sayuran, selain itu singkong juga dapat diolah dengan cara direbus yang dapat menggantikan kentang atau pelengkap makanan, dapat juga dijadikan tepung. Kerena memiliki rasa yang enak singkong dapat diolah menjadi cemilan atau makanan sederhana yang ditambah dengan bumbu-bumbu agar memiliki citarasa yang lebih lezat.
Keripik balado, getuk, combro, dan tape adalah beberapa contoh makanan tradisonal yang berbahan dasar dari singkong. Rasa singkong memang tidak diragukan lagi ya, rasanya enak dan manis ketika masih mentah.
Makanan dibawah ini adalah salah satu cemilan yang berbahan dasar dari singkong yang direbus kemudian ditumbuk dan dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica, dan garam. Setelah itu digoreng dengan baluran telur yang di kocok lepas dan tepung roti agar lebih terasa gurih. Makanan ini sangat cocok dimakan saat masih hangat dan dimakan bersama saus sambal, resep singkong tumbuk tepung roti ini bisa kalian baca dibawah ini ya.

Bahan:
Singkong 2 buah
Tepung kanji 1 sdm
Tepung panir 250 gram
Telur 1 butir (kocok lepas)

Bumbu:
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 2 siung
Merica bubuk 1 sdt
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng

Cara membuat: 
1. Kupas kulit singkong, kemudian cuci bersih lalu potong menjadi ukuran sedang. Setelah itu rebus sampai singkong matang dan empuk.
2. Haluskan bumbu bawang merah, bawang putih kemudian tambahkan garam, merica bubuk, dan penyedap rasa. Sementara itu, tumbuk singkong yang sudah matang sampai halus lalu tambahkan tepung kanji dan aduk rata bersama bumbu.
3. Buat adonan menjadi bulat dan sedikit pipihkan, masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas dan balurkan dengan tepung panir.
4. Panaskan minyak dalam penggorengan setelah itu masukkan adonan yang sudah dibaluri tepung roti, goreng sampai berwarna kuning kecoklatan kemudian angkat dan tiriskan. Singkong tumbuk tepung roti siap dihidangkan.

Cemilan ini sangat mudah dibuat, selain memiliki rasa yang enak dan gurih juga bernilai ekonomis sehingga kalian dapat menggunakan bahan-bahan yang ada dan sederhana, karena enak tidak perlu mahal loh teman-teman semua :) semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Singkong tumbuk tepung roti yang kaya citarasa dan bikin nagih"