Resep pecel sederhana yang enak dan mudah ala rumahan

Pecal atau pecel adalah salah satu sajian khas Indonesia yang terbuat dari campuran beberapa bahan sayuran yang direbus seperti kacang pancang, tauge, dan lain sebagainya. Selain itu pecel juga ditambahkan sambal pecel agar rasanya lebih memiliki citarasa yang lezat. Sambal pecal terbuat dari bumbu-bumbu antara lain kacang tanah yang disangrai/goreng, cabai rawit, bawnag purih, serutan gula merah, kencur, garam, dan garam. Kemudian bahan-bahan tersebut ditumbuk halus dan setelah itu ditambahkan air asam agar sambal pecel menjadi cair/kental.
Menu ini adalah salah satu sajian pecel rumahan yang bisa kalian coba untuk keluarga dirumah, komposisi sayur bisa disesuaikan dengan selera kalian. Pecel dibawah ini hanya menggunakan dua bahan sayuran yaitu sawi dan tauge saja. Untuk resep dan cara membuatnya, kalian bisa baca baca resep dibawah ini ya.

Bahan:
Sawi 1 ikat
Tauge 100 gram

Bumbu:
Cabai rawit 10 buah (sesusai selera)
Kencur secukupnya (sesuai selera)
Bawang putih 1/2 siung
Gula merah secukupnya
Kacang tanah goreng 100 gram
Garam secukupnya
Daun jeruk purut 1 lembar


Cara membuat:
1. Petiki sawi menjadi ukuran sedang lalu cuci bersih, kemudian rebus sampai layu. Ambil tauge 100 gram cuci bersih dan rebus selama 2 menit. Angkat dan tiriskan sayuran yang sudah direbus.
2. Siapkan ulekan kemudian tumbuk halus bumbu-bumbu yang sudah disiapkan. Setelah bumbu halus, tambahkan sedikit air asam jawa, fungsinya supaya bumbu bisa menjadi kental dan tercampur bersama sayuran.
3. Siapkan piring dan sajikan.
Pecel sangat enak dinikmati dengan rasa yang pedas dan ditambah bawang goreng juga kerupuk. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep pecel sederhana yang enak dan mudah ala rumahan"