Sambal terasi pedas dengan serutan mangga kweni

Sambal adalah makanan khas Indonesia, sambal juga merupakan sajian pedas berbahan dasar dari cabai yang dihaluskan atau dimemarkan kemudian dicampur dengan bahan lain seperti garam atau terasi sehingga menghasilkan cita rasa yang lezat dan gurih.
Pada setiap daerah sambal memiliki banyak macam variasi nama dan rasa, antara lain sambal andaliman, sambal asam, sambal balado, sambal belacan, sambal bajak, sambal kecap, dan lain sebagainya.
Menu sambal dibawah ini adalah satu salah satu varian menu sambal rumahan, yang dibuat dari cabai merah keriting dan cabai rawit, terasi bakar, tomat, bawang merah dan bawang putih bakar, dengan tambahan serutan mangga kweni yang asam. Bagi kalian pecinta sambal, kalian bisa mencoba resep yang satu ini rasanya pedas, gurih dari terasi dan asam segar dari buah mangga kweni.
Supaya tidak penasaran, yuk langsung saja simak cara membuat dan bahan yang dibutuhkan.

Bahan:
Cabai merah keriting 5 buah
Cabai rawit merah 10 buah
Tomat 1 buah
Mangga kweni setengah buah (diserut)
Bawang merah 3 siung (dibakar)
Bawang putih 1 siung (dibakar)
Terasi bakar udang 2 buah
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih cabai dan tomat. Kemudian bakar bawang merah dan bawang putih sampai layu, dan juga bakar terasi sampai harum.
2. Setelah itu ulek bahan-bahan (Cabai, terasi bakar, bawang merah bakar, bawang putih bakar, penyedap rasa) tambahkan penyedap rasa.
3. Jika semua bahan sudah halus, tambahkan serutan mangga, sambal siap disajikan.

Sambal ini sangat cocok dimakan bersama nasi putih, lalapan, ikan bakar/ikan asin dan kerupuk. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Sambal terasi pedas dengan serutan mangga kweni "