Cara membuat ikan tongkol balado pedas


Makan ikan enaknya dimasak apa ya selain digoreng saja? Sepertinya dimasak balado bisa menggugah selera makan keluarga dirumah nih. Ikan tongkol memang enak dimasak dengan bumbu pedas, karena daging ikan tongkol juga memiliki tekstur yang padat sehingga tidak mudah hancur ketika dimasak. Sebelum memasak tongkol balado ada baiknya jika kalian memilih daging ikan yang masih segar ya, tips memilih ikan yang segar salah satunya adalah dapat melihat dari warna insang yang masih berwarna merah kemudian dari warna mata yang masih bening dan tidak terdapat bercak kemerahan.
Balado tongkol memiliki cita rasa yang lezat karena perpaduan dari bumbu cabai, bawang merah, bawang putih, dan kemiri. Sajian ini sering ditemui di rumah makan, tapi klian tidak perlu khawatir karena kalian bisa membuatnya sendiri dirumah. Masakan ini bisa jadi inspirasi untuk kalian yang dapat menambah daftar menu makanan dirumah, langsung saja baca resep dibawah ini ya.


Bahan:
Ikan tongkol 1 kg
Minyak goreng untuk menggoreng ikan dan bumbu

Bumbu:
Cabai merah keriting 10 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 4 siung
Kemiri 3 butir
Tomat 1 buah
Gula secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Cara Membuat:
1. Potong ikan tongkol menjadi beberapa bagian kemudian cuci ikan sampai bersih (ikan ukuran besar 1 kg), kemudian beri garam 1/2 sdm tujuannya agar ikan tidak memercik ketika digoreng.
2. Panaskan minyak kemudian goreng ikan sampai matang dan tiriskan. Sementara itu ulek bumbu (cabai, bawang merah, bawang putih, tomat dan kemiri) lalu tumis bumbu sampai harum dan tambahkan garam, gula, juga penyedap rasa setelah itu tambahkan 5 sendok air dan masukkan ikan, aduk rata sampai air menyusut dan bumbu meresap.
3. Angkat dan siap dihidangkan.
Demikian resep balado tongkol sederhana yang bisa kalian coba buat dirumah, semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Cara membuat ikan tongkol balado pedas "