Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep membuat perkedel talas yang sederhana

Apa yang kalian pikirkan tentang Talas? Bogor? yappss, Bogor adalah satu Kota yang terkenal dengan kudapannya yang berbahan dasar dari talas ya.
Talas merupakan salah satu tanaman dari suku umbi-umbian, berperan sebagai tanaman penghasil sumber karbohidrat. Talas berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tengah bagian Selatan, dipercaya juga talas sudah ada sejak zaman purba sebelum padi mulai dibudidayakan. Talas memiliki rasa yang enak, sehingga ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengolahnya menjadi bahan makanan yaitu dengan cara dikukus, direbus, dipanggang, dibuat olahan kue, atau digoreng (Wikipedia)
Beberapa daerah talas memiliki penamaan yang khusus dan unik salah satunya di Provinsi Lampung khususnya Kecamatan Kalianda talas sering disebut dengan nama "Buti/Talos. Salah satu makanan yang dapat dibuat dari bahan dasar talas adalah perkedel.
Perkedel berasal dari bahasa Belanda yaitu Frikadel, di Eropa perkedel terbuat dari daging cincang yang dihaluskan kemudian digoreng. Di Indonesia perkedel adalah makanan yang berkomposisi dari kentang tumbuk dan dicampur dengan sedikit daging cincang atau kornet (Wikipedia).
Sajian masakan dibawah ini adalah perkedel yang berbahan dasar dari talas yang ditumbuk dan dicampur bersama bumbu seperti bawang putih, bawang merah, merica, irisan daun seledri serta garam. Sajian dibawah ini bisa kalian buat sendiri dirumah dengan bahan sederhana, rasanya tidak kalah dengan perkedel lainnya. Cara membuatnya pun tidak berbeda jauh dari perkedel pada umumnya, dari pada penasaran yuk baca resep dibawah ini ya.

Bahan:
Talas 5 buah

Bumbu:
Bawang putih 5 siung
Bawang merah 2 siung
Merica 1/2 sdt
Garam secukupnya
Penyedap rasa
Daun seledri 1 batang (iris kecil)
Daun bawang 1 batang (iris kecil)
Tepung kanji 1/2 sdt
Telur 1 butir
Minyak goreng secukupnya untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Cuci bersih talas, sementara itu panaskan air dalam panci kemudian masukkan talas dan rebus sampai empuk.
2. Setelah talas empuk, tiriskan kemudian kupas kulitnya. Haluskan bumbu (Bawang putih, bawang merah, dan merica) lalu tumbuk talas sampai halus setelah itu campurkan bersama bumbu halus beserta tepung kanji. Aduk sampai merata dan buat menjadi bulat kemudian pipihkan.
3. Masukkan adonan perkedel, dan masukkan kedalam telur yang sudah dikocok lepas setelah itu goreng sampai matang berwarna kecoklatan.
4. Angkat, tiriskan dan siap disajikan.

Demikian resep perkedel talas yang bisa kalian coba dirumah yang memiliki cita rasa lezat dan gurih. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep membuat perkedel talas yang sederhana"