Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat bakwan sayur yang enak dan sederhana

Gorengan yang satu ini sih sudah tidak diragukan lagi keberadaannya. Bagi kalian yang malas untuk keluar mencari gorengan, kalin bisa kok membuatnya sendiri dirumah dengan bahan yang ada seperti kol, wortel, tauge, dan seledri.

Bakwan berasal dari Cina, yang artinya adalah "Bak" berarti daging. Ada juga yang berpendapat Bakwan adalah nama lain dari Bakso yaitu "bak" artinya daging sedangkan "wan" berati bulat, jadi bakwan artinya daging bulat. Bakwan bisa ada di Indonesia karena adanya perdagangan dan pertukaran budaya, sehingga resep makanan saling membaur dan memberikan pengaruh pada saat itu. Di Indonesia sendiri bakwan adalah kudapan yang digoreng, terdiri dari beberapa komposisi seperti tauge, irisan kubis, irisan wortel, tepung terigu yang dibuat menjadi adonan kemudian digoreng dalam minyak yang cukup banyak (Wikipedia)
Kudapan gorengan dibawah ini adalah salah satu bakwan sayuran yang terdiri dari irisan kol, irisan wortel, irisan daun bawang, irisan seledri, tepung terigu, dan bumbu-bumbu yang diracik sendiri. Mari baca resep dibawah ini ya

Bahan:
Wortel 2 buah ukuran sedang (iris seperti korek api)
Kol 2 lembar (iris tipis)
Daun bawang 1 batang (iris tipis)
Seledri 1 batang (iris tipis)
Terigu 250 gram

Minyak goreng untuk menggoreng

Bumbu:
Bawang putih 3 siung
Bawang merah 1 siung
Ketumbar 1/2 sdt teh
Kunyit secukupnya
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan (Wortel, kol, daun bawang, daun seledri) kemudian iris tipis. Setelah semua bahan dirisi, haluskan bumbu kemudian campurkan bumbu bersama tepung terigu tambahkan air secukupnya dan aduk rata sampai terbuat menjadi adonan.
2. Panaskan panci yang berisi minyak goreng, ambil adonan sebanyak 1 sendok makan kemudian goreng sampai berwarna coklat keemasan.
3. Angkat dan tiriskan, bakwan siap dihidangkan dan dinikmati.

Bakwan sangat cocok dinikmati saat cuaca dingin dan ditemani dengan cabai  serta secangkir teh. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Cara membuat bakwan sayur yang enak dan sederhana"