Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mau makan yang masin-manis? Yuk baca resep bubur sumsum tanpa santan

Indonesia memiliki banyak kudapan khas yang rasanya manis. Salah satu sajian khas itu adalah bubur sumsum. Disebut bubur sumsum karena sajian jajanan pasar ini memiliki warna putih seperti sumsum tulang.
Bubur sumsum (bubokh gijut: dalam bahasa Lampung) berstektur lembut, bubur ini terbuat dari tepung beras dan disajikan bersama kuah gula merah yang manis. Kudapan yang satu ini sangat cocok dikonsumsi pada saat kumpul bersama keluarga karena rasanya enak dan mengenyangkan.
Bubur sumsum juga bisa ditemui dimana-mana sehingga kalian bisa dengan mudah mendapatkannya, namun jika kalian ingin berkreasi mengisi hari libur kalian bisa loh mencoba resep yang satu ini. Bubur sumsum dibawah ini adalah salah satu bubur sumsum yang tidak menggunakan santan, penasaran bagaimana membuatnya? yuk langsung saja simak resepnya dibawah ini ya.

Bahan bubur:
Tepung beras 100 gram
Air 400 ml
Susu kental manis 4 sdm
Daun pandan 2 lembar
Garam 1/4 sdt

Bahan kuah:

Gula merah 200 gram
Daun pandan 2 lembar
Gula pasir 1/2 sdm
Air 300 ml
Tepung tapioka 1 sdm

Cara membuat:
1. Siapkan semua bahan, tuangkan tepung dalam wadah kemudian tambahkan sedikit air dan ratakan sampai kalis, pijat-pijat adonan tujuannya agar hasil bubur terasa lebih lembut.
2. Setelah itu larutkan susu kental manis dan tuang pada adonan sedikit demi sedikit sampai tepung tidak menggumpal.
3. Siapkan wajan masukkan air dan daun pandan rebus sampai mendidih. Masukan adonan tepung beras, dan masak sampai mengental (masak dengan api kecil dan diaduk).
4. Angkat dan masukkan ke dalam mangkuk, biarkan agak dingin.
5. Panaskan panci dan masukkan air sebanyak 300 ml, gula merah, dan gula pasir rebus sampai mendidih.
6. Setelah itu larutkan tepung tapioka dalam 2 sdm air dan masukkan ke dalam rebusan kuah gula. Tambahkan daun pandan aduk sampai rata, angkat dan biarkan agak dingin.
7. Siramkan kuah dalam mangkuk yang sudah berisi bubur. Bubur sumsum siap dihidangkan.

Demikian resep bubur sumsum tanpa santan, rasanya tetap sedap dan kaya citarasa. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Mau makan yang masin-manis? Yuk baca resep bubur sumsum tanpa santan"