Resep dan cara membuat lotis mangga muda jambu air yang bikin seger

Memanfaatkan bahan-bahan sederhana dan tersedia di lingkungan sekitar kemudian menjadikannya makanan yang bercitarasa adalah salah satu seni memasak. Saat suasana panas rasanya sangat cocok makan camilan yang segar-segar, salah satunya adalah lotis. Lotis adalah makanan khas Nusantara yang memiliki rasa menyegarkan, terdiri dari buah segar (buah mentah) seperti nanas, mangga muda, pepaya, jambu air dan sebagainya yang kemudian dipotong-potong dan disajikan bersama sambal gula yang diberi beberapa tambahan bumbu.

Makanan yang satu ini banyak kita temui dipinggir jalan, di desa-desa atau pedagang keliling karena mengingat penyebaran makanan yang satu ini tidak hanya di Pulau Jawa saja. Masyarakat desa biasanya memakanan camilan  ini bersama-sama dengan sanak saudara, atau para tetangga untuk tetap menjaga rasa kekeluargaan dan ramah-tamah :)

Sajian dibawah ini adalah salah satu camilan segar dengan memanfaatkan buah mangga dan jambu air saja yang dipadukan dengan bumbu rujak, walaupun hanya menggunakan dua buah bahan dasar buah-buahan rasanya tetap lezat dan tak mengurangi unsur dari rasa lotis. Sambalnya menggunkan bumbu rujak yang sedap, yaitu terdiri dari cabai, garam, gula merah, asam jawa, dan jeruk nipis. Penasaran bagaimana membuat lotis? yuk langsung saja simak resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Mangga muda jenis harum manis 1 buah (boleh juga menggunakan mangga lain)
Jambu air 10 buah

Bumbu:
Cabai rawit 5 buah
Cabai merah keriting 2 buah
Gula merah 2 buah
Kacang tanah goreng 4 sdm
Jeruk nipis 1 buah (ambil airnya)
Asam 1/2 sdt
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Cuci bersih bahan-bahan, kemudian potong-potong menjadi beberapa bagian.
2. Haluskan bumbu ( Cabai rawit, cabai merah, gula merah, kacang tanah, dan asam) setelah itu tambahkan perasan jeruk nipis, aduk sampai bumbu mengental.
3. Lotisan siap dihidangkan bersama bumbu.

Demikian resep lotis sederhana yang bisa kalian coba di rumah, semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)