Iklan Tengah Artikel 1

Ikan bakar khas Kalianda Lampung Selatan yang gurih dan enak

Setiap daerah memiliki sajian khas, tak berbeda jauh dengan daerah Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Lampung, dan terletak di pesisir Teluk Lampung. Kota Kalianda juga merupakan kecamatan kota kecil yang asri dan juga letaknya dekat dengan kaki Gunung Rajabasa.
Selain itu, Kalianda memiliki sajian kuliner yang khas yaitu ikan bakar. Ikan yang biasa dijadikan sajian ikan bkar yaitu ikan tengkurangan karena ikan ini banyak ditemui dipasar-pasar dan juga memiliki tekstur daging yang tebal sehingga lebih sering dipilih. Sajian seruit dihidangkan bersama sambal khas yaitu sambal seruit yang terdiri dari cabai, bawang merah, dan tomat rampai.
Pada beberapa desa sajian seruit memiliki varian rasa, sajian seruit ini memiliki citarasa yang gurih dan juga asam segar. Rasa asam yang diperoleh bisa menggunakan rampai, belimbing wuluh, asam jawa atau, jeruk limau (sesuia selera). Masyarakat desa menyebut makanan ini dengan nama "iwa pekhos". "Iwa" berarti ikan, sedangkan "pekhos" berati asam.
Untuk membuat sajian seruit ada beberapa bahan dan bumbu sederhana yang diperlukan. Sajian dibawah ini merupakan ikan bakar yang disajikan bersama kuah asam jawa dengan citarasa yang sedap, ikan yang digunakan pada sajian ini adalah ikan gegerut atau ikan gerut-gerut. Langsung saja baca resep dibawah ini ya.

Bahan:
Ikan gegerut 1 kg (bisa menggunkan ikan apa saja)
Cabai rawit 5 buah
Cabai merah keriting 3 buah
Bawang merah 5 siung (dibakar, bisa juga menggunakan bawang merah mentah sesuia selera)
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya (opsional)
Air putih 200 ml
Asam jawa 1 sdm (sesuai selera)

Bumbu ikan bakar:
Ketumbar 1 sdm
Jahe 2 cm
Garam secukupnya
jeruk nipis 1 buah

Cara membuat:
1. Bersihkan sisik ikan dan cuci dengan air mengalir. Haluskan bumbu ikan bakar (ketumbar, jahe, garam) setelah itu lumuri ikan dengan bumbu tersebut dan tambahkan perasan jeruk nipis.
2. Diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap. Bakar ikan sampai matang atau kering.
3. Untuk membuat bumbu seruit, haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah bakar, dan garam.
4. Tambahkan air sebanyak 200 ml, asam jawa dan aduk rata bersama bumbu seruit yang sudah dihaluskan, tambahkan juga sedikit penyedap rasa.
5. Seruit khas ini siap dihidangkan.

Demikian sajian khas Kota kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung yang bisa kalian coba di rumah. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel