Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep ikan pepes tongkol sedap dan gurih

Pepes atau pais adalah salah satu cara mengolah makanan (biasanya ikan) yang dibungkus dengan daun pisang dan ditambahkan bumbu rempah kemudian dibakar diatas bara api sampai matang. Cara ini adalah salah satu cara khas dari Jawa Barat.
Ikan tongkol adalah salah satu jenis ikan laut yang memiliki tekstrus daging yang padat, sehingga sangat enak jika dimasak jadi pepes bumbu kuning. Rasanya gurih dan harumnya ikan pepes sangat menggugah selera, sangat cocok nih jadi teman makan dirumah kalian loh.
Ikan pepes tongkol bumbu kuning sangat sedap jika dimakan bersama nasi hangat, penasaran bagaimana membuatnya? mari baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Ikan tongkol 1 ekor ukuran 1 kg
Serai 3 batang (memarkan)
Daun kucai 5 batang, potong seukuran jari
Jeruk nipis 1 buah (ambil airnya)
Daun pisang untuk membungkus ikan

Bumbu halus:
Ketumbar 1/2 sdm
Bawang merah 8 siung
Bawang putih 4 siung
Kemiri 6 butir
Cabai merah 3 buah (sesuai selera)
Cabai rawit 10 buah (sesuai selera)
Kunyit 2 cm
Jahe 1 cm
Garam secukupnya
Penyedap rasa

Cara membuat:
1. Potong ikan menjadi beberapa bagian, cuci bersih beri sedikit garam dan perasan air jeruk nipis.
2. Ulek bumbu sampai halus, dan campurkan bersama ikan kemudian diamkan selama 10 menit agar bumbu meresap ke dalam ikan.
3. Bungkus ikan menggunakan daun pisang tambahkan potongan daun kucai, dan bakar diatas bara api sampai mengering dan matang.

Demikian resep pepes ikan tongkol bumbu kuning, menu ini cocok untuk jadi hidangan keluarga di rumah. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep ikan pepes tongkol sedap dan gurih"