Resep klepon ubi kuning yang enak dan mudah

Ingin makan kudapan yang mengenyangkan dan menyehatkan? Klepon ubi kuning bisa jadi satu pilihan yang tepat. Selain berbahan dari tepung beras, klepon juga bisa dibuat dari campuran ubi kuning yang dikukus dan ditumbuk halus dan ditambahkan tepung tapioka. Seperti yang kita ketahui bahwa ubi kuning adalah salah satu tanaman yang mengandung karbohidrat, sehingga kudapan ini sangat cocok untuk dinikmati. Cara membuat klepon ubi kuning pun tidak jauh berbeda dengan klepon pada umumnya.
Klepon adalah salah satu jajanan pasar dan termasuk ke dalam makanan atau kue tradisional khas Indonesia. tak jarang jika kue ini sering kita jumpai dipasar-pasar. Klepon terbuat dari tepung beras didalamnya diberi isian gula merah yang kemudian dibentuk menjadi bola-bola dan direbus, setelah itu digulingkan pada parutan kelapa.
Rasa sajian tradisional memang tidak diragukan lagi, sehat, enak dan mengenyangkan. Untuk membuat klepon ubi kuning cukup mudah, resep ubi kuning ada dibawah ini ya.

Bahan:
Ubi kuning 1 kg
Tepung tapioka 6 sdm
Kelapa parut 1/4 butir (kelapa ukuran sedang)
Gula merah 3 buah
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Siapkan semua bahan-bahan. Kupas ubi kuning cuci bersih, dan kukus sampai empuk.
2. Campurkan kelapa dan garam kemudian kukus selama 10 menit.
3. Tumbuk ubi kuning yang sudah dikukus sampai halus, kemudian campurkan tepung tapioka aduk rata samapai menjadi adonan yang kalis dan mudah dibentuk.
4. Ambil adonan kemudian bentuk bola-bola dan pipihkan kemudian beri isian gula merah yang sudah di potong-potong sesuai ukuran dan bulat kembali hingga gula tertutup sempurna.
5. Rebus air sampai mendidih, masukkan bola-bola klepon. Angkat jika bola-bola kelpon sudah mengapung artinya sudah matang.
6. Gulingkan klepon yang sudah matang dalam kelapa parut. Klepon ubi kuning siap dihidangkan.
Klepon ubi kuning cocok sekali sebagai kudapan untuk keluarga di rumah, selain rasanya yang enak juga kue tradisional ini mengenyangkan dan bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat dalam tubuh.
Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep klepon ubi kuning yang enak dan mudah"