Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep sayur bening klentang yang sederhana dan kaya manfaat

Klentang? Apakah kalian mengenal sayuran yang satu ini? Sayuran ini adalah salah satu sayuran yang berasal dari kelor. Klentang adalah buah kelor yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku sayur. Klentang dipercaya memiliki kandungan gizi yang tinggi dan antioksidan. Dirangkum dari beberapa artikel bahwa klentang dapat dimanfaatkan sebagai obat pencegahan penyakit seperti anemia, gangguan pada pencernaan, mengurangi resiko diabetes dan lain sebagainya.

Buah klentang dapat ditemui di pasar lokal dengan harga terjangkau, sedangkan di wilayah pedesaan sayuran ini cukup banyak ditemui selain dijadikan bahan sayur juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman pagar. Masakan dibawah ini adalah salah satu sajian berbahan dasar dari klentang, yang dimasak dengan bumbu sederhana namun memiliki citarasa yang menggugah selera. Meskipun terlihat sederhana namun manfaat dari klentang membuatnya menjadi tidak biasa. Yuk baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Klentang 4 buah
Melinjo 100 gram
Kacang panjang 3 batang (potong)
Daun salam 3 lembar
Lengkuas 2 cm, memarkan

Bumbu:
Cabai merah 2 buah
Bawang merah 4 siung
Garam secukupnya
Gula
Air 500 ml
Cara membuat:
1. Potong memanjang buah klentang kira-kira 5 cm, kemudian cuci bersih dan tiriskan.
2. Siapkan panci yang berisi air, masukkan melinjo biarkan sampai mendidih. Masukkan bumbu yang sudah diuek halus aduk rata.
3. Tambahkan garam dan gula, masukkan potongan klentang dan kacang panjang masak sampai layu (koreksi rasa).
4. Angkat, dan hidangkan selagi hangat.

Demikian resep sayur klentang sederhana ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya :)