Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat sajian enak: Ikan bakar kuah santan yang gurih dan lezat

Yenihelda.com--Varian bumbu yang dipadukan dengan makanan akan membuatnya menjadi hidangan lezat dan bercitarasa. Mencampurkan bumbu dengan ikan tentu akan membuat rasa ikan kaya akan citarasa yang akan menggugah selera apalagi jika ikan diperoleh masih dalam keadaan segar. Hidangan laut sperti ikan juga dipercaya sebagai salah satu sumber protein yang baik untuk dikonsumsi.

Masakan ini adalah saah satu sajian berbahan dasar dari ikan laut yaitu ikan tengkurungan. Ikan ini memiliki ciri khas sirip dan berkulit tebal, memiliki tekstur daging yang cukup tebal, ikan ini banyak ditemukan dibeberapa pasar lokal. Sebagian masyarakat khususnya didaerah lokal mengolah ikan tengkurungan menjadi hidangan yang lezat misalnya seperti dibakar atau dipepes dengan bumbu rempah.

Sajian dibawah ini ikan tengkurungan dihidangkan dengan kuah santan yang dicampurkan dengan bumbu rempah. Namun sebelum proses pemasakan dengan kuah santan ikan ini dibakar terlebih dahulu agar rasa yang dihasilkan dari masakan lebih sedap. Penasaran bagaimana membuatnya? Langsung saja simak resep yang satu ini ya.

Bahan:
Ikan tengkurungan 3 ekor ukuran besar (bisa menggunakan jenis ikan yang lainnya)
Daun singkong 1 ikat (iris halus kemudian rebus dan tiriskan)
Daun salam 5 lembar
Serai 2 batang, memarkan
Lengkuas 2 cm, memarkan
Cabai rawit utuh 10 buah
Santan 1 liter
Lada bubuk 1 sdt
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sdm
Penyedap rasa secukupnya
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus:
Bawang merah 8 siung
Bawang putih 5 siung
Cabai merah besar 15 buah
Kemiri 4 butir
Jahe 1 cm
Kunyit 1 cm
Ketumbar 1/2 sdm

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan kemudian lumuri dengan garam, diamkan selama 15 menit lalu bakar diatas bara api sampai mengering dan matang.
2. Giling bumbu halus, sementara itu panaskan panci yang berisi minyak kemudian tumis bumbu sampai harum lalu masukkan juga daun salam, serai, dan lengkuas.
3. Masukkan santan, aduk-aduk sampai mendidih. Tambahkan lada bubuk, garam, gula, juga penyedap rasa secukupnya.
4. Masukkan ikan bakar aduk sampai rata sampai bumbu meresap. Setelah itu tambahkan juga cabai rawit utuh dan daun singkong yang sudah direbus (jangan lupa koreksi rasa).
5. Angkat dan hidangkan.

Demikian resep ikan bakar kuah santan yang bisa kalian coba dirumah dengan bumbu sederhana bisa menjadikannya hidangan lezat untuk keluarga. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)