Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep sambal pete enak dan sedap

Yenihelda.com--Hallo pecinta sambal, sudah makan sambal apa hari ini? menghidangkan sambal pada saat makan tentu memberikan sensasi yang berbeda sehingga membuat selera makan seseorang jadi meningkat. Pete dapat tumbuh didearah yang beriklim basah atau agak basah biasanya didaerah dataran rendah atau juga daerah pegunungan. Tumbuhan ini sangat membutuhkan matahari dan paling cocok hidup didaerah yang terbuka. Diketahui bahwa pete juga hampir mirip dengan jengkol karena aromanya yang khas, pete mengandung asam-asam amino yang mengandung sulfur ketika terdegrasi dan menjadi komponen yang lebih kecil kemudian menghasilkan satu gas H2S (Hidrogen sulfida) sehingga menyebabkan aroma pete yang khas. Pete biasanya dihidangkan dalam keadaan segar, dijadikan lalapan atau dijadikan sambal.
Sajian sederhana dibawah ini adalah sambal pete yang dijamin akan membuat hidangan menjadi lebih lezat. Yuk baca resep sambal pete dibawah ini ya.

Bahan:
Pete 3 papan (siangi dari kulitnya)
Minyak goreng secukupnya

Bumbu sambal:
Cabai merah 10 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 1 butir
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1. Goreng bumbu sambal (Cabai merah, bawang merah, bawang putih, dan kemiri) angkat dan tiriskan.
2. Ulek bumbu sambal yang sudah digoreng kemudian tambahkan garam dan gula.
3. Goreng pete yang sudah disiangi sampai layu angkat dan tiriskan, kemudian campur dengan sambal yang sudah diulek lalu aduk rata.
4. Panaskan minyak kemudian siramkan diatas sambal. Sambal siap dihidangkan.

Demikian resep sambal pete yang bisa kaian coba dirumah. Semoga terins pirasi dan selamat mencoba ya :)