Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep ikan bumbu kuning tanpa kuah


Ikan merupakan kelompok vertebrata yang berasal dari perairan asin atau tawar dan bernafas menggunakan insang. Ada banyak jenis ikan yang bisa kalian pilih bergantung dari selera dan keiingan mau masak ikan jenis apa. Selain itu juga ikan banyak mengandung gizi yang baik untuk untuk dikonsumsi salah satunya yaitu protein. Zat gizi lainnya yang dapat diperolah dari ikan adalah omega 3, asam amino dan lain sebagainya jadi kalian tak perlu ragu lagi untuk makan ikan karena baunya amis ya.

Setiap hari kalian pasti memasak di rumah, selain untuk memenuhi kebutuhan asupan makanan juga merupakan salah satu bentuk menyenangkan hati orang-orang dirumah dan bisa jadi wadah untuk menyalurkan hobi. Tentu untuk memasak makanan yang enak untuk keluarga di rumah kalian pasti berfikir mau masak apa hari ini. Ada banyak masakan yang bisa kalian buat mulai dari tumisan, goreng, berkuah, atau bakar tentu kalian akan memilih salah satu diantara deretan sajian tersebut atau bahkan memasaknya sekaligus.

Ada rekomendasi masakan nih buat kalian yaitu masakan berbahan dasar dari ikan. Membuatnya pun cukup mudah tentu kalian bisa mencobanya sendiri di rumah tanpa harus jajan diluar. Sajian masakan dibawah ini adalah ikan kerisi yang digoreng kemudian ditambahkan bumbu sederhana menjadikan lauk ini lezat untuk dihidangkan. Langsung saja baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:

Ikan kerisi 500 gram (boleh menggunakan ikan yang lainnya)
Daun salam 4 lembar
Serai 2 batang, memarkan
Lengkuas 2 cm, memarkan
Jeruk nipis 1 buah (ambil airnya)
Cuka 1 sdt (bisa juga menggunakan asam jawa)
Minyak goreng

Bumbu halus:
Cabai merah besar 10 buah
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 4 siung
Jahe 1 cm
Kunyit 1 cm
Ketumbar 1 sdt
Kemiri 6 butir
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan dan cuci dengan dengan air mengalir lumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam biarkan selama 10 menit.
2. Panaskan minyak goreng kemudian goreng ikan sampai matang dan kering setelah itu angkat dan tiriskan.
4. Haluskan bumbu-bumbu, panaskan kembali minyak goreng kemudian tumis bumbu sampai harum.
5. Tambahkan garam, gula pasir, cuka, daun salam, serai, lengkuas dan beri sedikit air (masak sampai air menyusut) lalu angkat.
6. Tata dalam piring ikan yang sudah digoreng kemudian siramkan bumbu yang sudah dibuat. Ikan siap dihidangkan

Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)