Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ayam goreng pedas gurih bikin melek

Masak ayam goreng pedas gurih kayaknya sangat cocok untuk teman makan hari ini, daging ayam memang menjadi salah satu daging yang dapat diolah menjadi banyak olahan. Salah satunya adalah ayam goreng yang dipadukan dengan bumbu pedas, sajian ini merupakan masakan yang cocok dihidangkan untuk keluarga dirumah apalagi kalau keluarga kalian pecinta pedas. Olahan ini terdiri dari ayam goreng yang diberi bumbu cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, garam, penyedap rasa dan daun jeruk yang dapat menambah sensasi rasa yang lebih mantap.
Penasaran bagaimana membuatnya? yuk baca resep dibawah ini ya.

Bahan:
Ayam 1 ekor

Bumbu ungkep:
Jahe 1 cm
Bawang putih 2 siung
Kunyit 1 cm
Garam secukupnya
Serai 1 batang

Bumbu sambal pedas:
Cabai rawit 15 buah
Cabai merah 5 buah
Bawang merah 8 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 2 butir
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Penyedap rasa (boleh digunakan bagi yang suka)
Daun jeruk

Cara membuat:
1. Potong ayam menjadi beberapa bagian, kemudian cuci bersih dan masukkan kedalam panci yang sudah berisi air dan bumbu ungkep yang sudah dihaluskan terlebih dahulu, masak sampai matang lalu tiriskan. Setelah itu goreng ayam sampai menjadi warna kecoklatan angkat dan tiriskan.
2. Ulek kasar bumbu sambal pedas (cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri), kemudian tumis sampai harum dan beri sedikit air lalu tambahkan garam, sedikit gula pasir, penyedap rasa, dan daun jeruk. Setelah itu masukkan ayam goreng aduk rata sampai airnya menyusut.
3. Angkat ayam dan masukkan kedalam piring lalu sajikan.
Menu ini sangat enak dipadukan bersama nasi hangat dan kerupuk. Kalian bisa banget loh untuk mencoba resep rumahan seperti ini, semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Ayam goreng pedas gurih bikin melek"