Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat tumis pepaya enak dan pedas

Apapun bahan masakan di rumah kalian sebenarnya bisa diolah jadi masakan yang enak dan sedap loh, salah satunya adalah pepaya. Pepaya/kates (gedang: dalam bahasa Lampung) merupakan tanaman yang banyak ditemui didaerah tropis. Tiap bagian pepaya dapat dimanfaatkan mulai dari buah, daun, dan bunganya bisa menjadi bahan baku sayuran yang sedap.
Dikutip dari Wikipedia, bahwa pepaya memiliki kandungan Vitamin A yang berguna untuk kesehatan mata, sedangkan manfaat lain dari buah pepaya adalah untuk memperlancar pencernaan bagi yang sulit buang air besar.
Buah pepaya matang dapat disajikan sebagai buah yang dimakan segar dan buah mudanya dapat dijadikan bahan baku sayur. Masakan ini adalah salah satu sajian tumisan dari pepaya yang diserut dan dicampur dengan bumbu irisan cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, gula pasir, dan garam. Yuk baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Pepaya 1 buah
Bumbu:
Cabai rawit 15 buah (iris)
Bawang merah 8  siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 1 butir
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Penyedap rasa secukupnya

Cara membuat:
1. Kupas buah pepaya kemudian serut dengan serutan pepaya. Siapkan wadah berisi air garam kemudian remas buah pepaya yang sudah diserut tujuannya agar serutan pepaya lebih tampak segar. Kemudian angkat dan tiriskan dalam wadah lain.
2. Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, dan kemiri) kemudian tumis bumbu sampai harum. Masukkan serutan pepaya dan tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa dan beri sedikit air. Setelah itu masak sampai setengah matang dan masukkan irisan cabai rawit aduk sampai rata dan matang.
3. Angkat pepaya yang sudah matang dan hidangkan.

Masakan ini merupakan salah satu masakan yang terbilang sederhana dan mudah untuk kalian coba dirumah. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba :)

Post a Comment for "Cara membuat tumis pepaya enak dan pedas "