Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep rendang nangka muda dengan citarasa gurih

Buah nangka/jackfruit/gori (lemasa/melasa: dalam bahasa Lampung) adalah tanaman berkayu yang menghasilkan buah. Buah nangka yang matang dapat dimakan sebagai hidangan yang segar atau diolah menjadi beberapa makanan, diantaranya adalah kolak, jus, dodol, keripik dan lain sebagainya. Selain buah yang matang, buah nangka mudanya juga dapat dijadikan sebagai bahan baku untuk sayuran seperti campuran sayur asam, dimasak lodeh, oseng nangka dalan sebagainya. Olahan paling terkenal dari nangka muda adalah gudeg, makanan khas Yogyakarta yang tak asing lagi dimasyarakat.
Sajian dibawah ini adalah sajian dari buah nangka muda yang dimasak bersama bumbu rempah yang dipadukan bersama kuah santan yang gurih ini sehingga menghasilkan citarasa yang lezat, sangat cocok menjadi menu makan untuk keluarga dirumah. Resep dan cara membuatnya bisa kalian lihat dibawah ini ya.

Bahan:
Buah nangka muda 500 gram
Daun salam 5 lembar
Daun jeruk 3 lembar
Santan kental 1 liter
Minyak goreng untuk menumis

Bumbu:
Cabai merah 15 buah
Bawang merah 10 siung
Bawang putih 7 siung
Kemiri 5 siung
Ketumbar 1/2 sdm
Merica bubuk 1/2 sdt
Jahe 2 cm
Kunyit 2 cm
Lengkuas 3 cm (memarkan)
Bumbu rendang kemasan 1 sdm
Kayu manis 1 buah
Pala 1 buah
Garam secukupnya
Penyedap rasa secukupnya
Gula pasir 1/2 sdt

Cara membuat:

1. Potong dadu buah nangka muda cuci bersih kemudian rebus air dan rebus buah nangka sampai empuk.
2. Haluskan bumbu (cabai merah, bawang merah, bawang putih, Ketumbar, jahe, kunyit) kemudian tumis sampai harum.
3. Masukkan santan kental aduk rata bersama bumbu, tambahkan garam, penyedap rasa, gula, dan merica bubuk masak dengan api sedang.
4. Masukkan buah nangka muda yang sudah direbus, dan masukkan daun salam, daun jeruk, lengkuas yang sudah dimemarkan, pala, dan kayu manis aduk rata masak sampai mendidih.
5. Angkat dan hidangkan.
Resep rendang buah nangka muda yang enak dan gurih ini bisa kalin coba dirumah, sajian sederhana ini rasanya tidak kalah enak dengan rasa gulai nangka yang dijual diwarung makan. Bagaimana tertarik untuk membuatnya? Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep rendang nangka muda dengan citarasa gurih"