Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep tumis pare ikan asin yang enak dan gurih

Peria atau pare adalah salah satu jenis dari suku labu-labuan yang dapat dijadikan sebagai bahan baku sayuran atau bahan obta-obatan. Pare memiliki rasa yang pahit, namun dibalik rasanya yang pahit terdapat banyak manfaat loh.
Dikutip dari Wikipedia, orang-orang Asia Timur seperti Jepang, korea dan Cina memanfaatkan pare sebagai obat gangguan pencernaan, dan penambah semangat.
Walaupun memiliki rasa yang pahit pare bisa dioalah menjadi masakan yang enak dan menggugah selera, sajian masakan pare yang dimasak dengan bumbu dan tambahan ikan asin akan membuat pare menjadi sayur yang lezat. Simak resep sederhananya dibawah ini ya.

Bahan:
Pare 3 buah, iris tipis atau sesuai selera
Garam secukupnya
Minyak goreng untuk menumis
Ikan asin 100 gram, suwir dan goreng

Bumbu:
Cabai merah 5 buah, iris
Cabai rawit hijau 10 buah, iris
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 2 butir
Garam secukupnya
Gula secukupnya
Penyedap rassa secukupnya

Cara membuat:
1. Irisi tipis pare atau sesuai selera, kemudian campurkan irisan pare dengan garam setelah itu aduk rata dan remas-remas agar tekstur pare lebih cepat matang saat dimasak. Cuci pare dengan air bersih dan tiriskan
2. Haluskan bumbu (bawang merah, bawang putih, kemiri) kemudian tumis sampai harum.
3. Masukkan pare aduk rata bersama bumbu, tambahkan garam, gula, dan penyedap rasa kemudian aduk rata.
4. Masak pare sampai setengah matang kemudian tambahkan ikan asin yang sudah digoreng terlebih dahulu dan cabai yang sudah diirisi aduk rata masak sampai matang.
5. Angkat dan hidangkan
Demikian resep tumis pare ikan asin, masakan sederhana ini sangat mudah untuk dicoba dirumah. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep tumis pare ikan asin yang enak dan gurih"