Resep ikan kembung bumbu sarden

Memasak ikan dengan bumbu yang lezat tentu akan menjadikannya sebagai hidangan yang lezat. Salah satu cara memasak ikan dengan bumbu sarden akan memberikan citarasa pada sajian ikan.
Sarden merupakan salah satu jenis ikan yang ukurannya relatif kecil, berminyak dan sering dijadikan sebagai ikan konsumsi. Nama sarden diperoleh dari nama sebuah pulau di Mediterania yaitu pulau Sardinia. Pabrik pengolahan mengemas ikan sarden dalam kaleng kemudian diperjual belikan sehingga saat ini kita banyak menemukan sarden disejumlah pasar-pasar.

Sajian masakan dibawah ini adalah olahan ikan kembung yang dimasak dengan bumbu sarden. Bumbu yang digunakan antara lain cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tomat kemudian ditambahakan saus sambal, garam, dan gula. Tentu masakan ini adalah sajian yang cukup sederhana yang dapat dibuat dengan mudah dan praktis. Tertarik untuk mencoba berkreasi membuat sarden ala rumahan? Yuk baca resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Ikan kembung 3 ekor (boleh menggunakan ikan jenis lainnya seperti tongkol, ikan salem dan lain sebagainya)
Minyak goreng secukupnya
Mentega 2 sdm
Jeruk nipis 1 buah (ambil airnya)
Air 250 ml

Bumbu:
Cabai merah besar 10 buah
Bawang merah 7 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 1 butir
Tomat 2 buah
Saus sambal 5 sdm
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara membuat:
1. Bersihkan ikan kemudian potong menjdai dua bagian, rendam ikan dengan perasan jeruk nipis dan tambahkan garam. Diamkan selama 10 menit kemudian goreng sampang matang dan tiriskan.
2. Haluskan bumbu (Cabai, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan tomat), panaskan mentega lalu tumis bumbu sampai harum. Tambahkan air sebanyak 250 ml, garam, gula, dan saus sambal biarkan sampai mendidih.
3. Masukkan ikan yang telah digoreng, biarkan selama beberapa menit agar bumbu meresap dan kuah sarden mengental. Angkat lalu hidangkan.

Demikian resep ikan kembung bumbu sarden yang bisa dicoba di rumah. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)