Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara membuat gulai daun singkong yang mudah


yenihelda.com-- Memanfaatkan daun singkong sebagai bahan baku untuk sayur hijau adalah pilihan tepat, selain rasanya yang enak daun singkong masih banyak ditemui dengan mudah. Selain di pasar tradisional daun singkong juga bisa ditemui dengan mudah di daerah pedesaan biasanya warga menanam singkong di pekarangan atau perkebunan karena singkong juga mudah untuk ditanam.
Sayur daun singkong juga dapat diolah menjadi masakan yang sedap, ditambah lagi dipadukan dengan bumbu yang pas akan menambah citarasa lebih lezat. Sayur daun singkong yang diberi kuah santan ini dijamin akan meningkatkan selera makan keluarga di rumah.

Bahan:
Daun singkong 3 ikat
Lengkuas 2 cm, memarkan
Daun salam 5 lembar
Santan 1 liter
Garam secukupnya
Gula pasir 1 sdt
Lada bubuk 1/2 sdt
Minyak goreng

Bumbu halus:
Cabe merah 20 buah
Cabe rawit 5 buah
Bawang merah 10 siung
Bawang putih 5 siung
Kemiri 4 butir
Jahe 1 cm
Kunyit 1 cm
Ketumbar 1 sdt

Cara membuat:
1. Sisihkan daun singkong dari tangkainya, cuci bersih.
2. Rebus air dan beri sedikit garam kemudian masukkan daun singkong. Tujuannya diberi garam agar daun singkong cepat empuk dan menghilangkan rasa getah (pahit).
3. Rebus daun singkong sampai empuk, angkat lalu tiriskan kemudian iris kasar.
4. Giling bumbu halus, sementara itu panaskan minyak goreng. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan sampai harum kemudian masukkan santan.
5. Tambahkan garam, gula, lada bubuk, daun salam dan lengkuas yang sudah dimemarkan kemudian masak sampai mendidih (sambil diaduk agar santan tidak pecah).
6. Setelah santan mendidih masukkan daun singkong aduk merata dengan kuah santan dan matikan api.
7. Angkat dan siap dihidangkan.

Demikian resep sayur daun singkong kuah santan yang bisa dinikmati bersama keluarga di rumah. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Cara membuat gulai daun singkong yang mudah "