Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep ayam balado pedas yang praktis


yenihelda.com-- Masak dengan cara yang praktis dan mudah tentu menjadi salah satu pilihan untuk kalian yang sibuk, meskipun demikian memasak untuk keluarga di rumah tentu menjadi rutinitas yang tak bisa ditinggalkan. Mengolah bahan makanan dengan persiapan yang ada dan bumbu-bumbu sederhana serta menghidangkannya dengan sederhana tentu bisa dilakukan siapa saja, salah satunya membuat ayam goreng bumbu balado. Masakan ini bisa kita dapatkan diwarung makan dengan mudah namun jika sedang malas keluar rumah membuatnya sendiri dijamin rasanya akan lebih menggugah selera. Bagaimana membuat ayam goreng balado, langsung saja lihat resenya dibawah ini ya.

Bahan:
Ayam 1 kg

Bumbu ungkep:
Daun salam 4 lembar
Ketumbar 1/2 sdt
Bawang putih 3 siung
Jahe 1 cm
Kunyit 1 cm
Garam secukupnya

Bumbu balado:
Cabai merah 10 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Bawang merah 5 siung
Bawang putih 4 siung
Kemiri 1 butir
Gula pasir 1/2 sdt
Gula merah 1/2 sdt, sisir
Garam secukupnya

Cara membuat:
1. Potong ayam menjadi beberapa bagian, lalu cuci bersih.
2. Haluskan bumbu ungkep kecuali daun salam, kemudian masukkan ke dalam panci yang sudah berisi ayam lalu tuangkan air secukupnya dan tambahkan daun salam kemudian masak sampai matang.
3. Panaskan minyak lalu goreng ayam telah diungkep sampai berwarna kecoklatan kemudian tiriskan.
4. Tumis bumbu balado yang sudah dihaluksan, masak sampai harum. Masukkan ayam goreng lalu aduk merata agar bumbu meresap (koreksi rasa)
5. Ayam goreng siap dihidangkan.

Sekian resep ayam goreng balado yang bisa dengan praktis kalian buat di rumah, menu ini sangat cocok disantap bersama nasi hangat. Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)

Post a Comment for "Resep ayam balado pedas yang praktis"