Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pepes tempe menu sehat kaya manfaat


yenihelda.com-- Mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung protein yang baik tentu menjadi salah satu cara memelihara kesehatan tubuh, sumber protein tak hanya dapat diperoleh dari sumber protein hewani namun juga dapat diperoleh dari protein nabati. Sumber protein nabati yang dapat diperoleh berasal dari tempe, salah satu bahan makanan yang terbuat dari kedelai fermentasi.
Tempe tak hanya dapat diolah menjadi masakan seperti bacem, orek tempe, sebagai bahan gorengan dan lain-lain. Tempe dapat diolah menjadi makanan yang enak dan sehat yaitu dengan cara dipepes. Menu tempe pepes ini sangat ekonomis karena terbuat dari bahan utama yaitu tempe yang diberi bumbu agar rasanya lebih gurih dan bercitarasa. Cara membuat sajian tempe pepes juga cukup mudah dan bumbu-bumbu yang mudah didapat, yuk simak langsung resepnya dibawah ini ya.

Bahan:
Tempe 2 papan
Daun bawang 1 batang (iris halus)
Daun kemangi secukupnya (iris halus)
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu halus:
Cabai merah 3 buah
Cabai rawit merah 5 buah
Bawang merah 6 siung
Bawang putih 3 siung
Kemiri 4 butir
Ketumbar 1 sdt
Garam secukupnya
Gula pasir 1/2 sdt
Penyedap rasa (opsional)

Cara membuat:
1. Haluskan tempe, kemudian taruh diwadah.
2. Ulek bumbu halus dan campurkan bersama tempe yang sudah dihaluskan, tambahkan irisan daun bawang dan daun kemangi kemudian aduk rata.
3. Bungkus tempe menggunakan daun pisang, kukus selama 25 menit.
4. Angkat, pepes tempe siap dihidangkan.


Demikian resep pepes tempe yang bisa dicoba di rumah, menu sederhana dan sehat ini akan lebih nikmat disajikan bersama nasi hangat, sambal bawang, dan kerupuk.
Semoga terinspirasi dan selamat mencoba ya :)
Catatan: Ukuran cabai bisa disesuaikan dengan selera masing-masing

Post a Comment for "Pepes tempe menu sehat kaya manfaat"